KARYA KESELAMATAN ALLAH DALAM YESUS KRISTUS SEBAGAI JAMINAN MANUSIA BEBAS DARI HUKUMAN KEKAL ALLAH

Federans Randa

Abstract


Ketika Allah menciptakan manusia pertama yakni Adam dan Hawa, maka keduanya diciptakan segambar dengan Allah tanpa ada dosa dalam diri manusia. Namun manusia akhirnya jatuh dalam dosa oleh karena pilihan manusia yang salah dengan melanggar perintah Allah dengan memakan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat yang dilarang oleh Allah untuk dimakan, sebab ketika manusia memakannya pastilah mati dan kematian itulah yang membuat sehingga manusia menjadi berdosa dan kehilangan kekudusan Allah dari dirinya (Rm. 3:23). Dosa membuat manusia terpisah dengan Allah dan manusia tidak bisa mencapai Allah karena perseteruan yang terjadi antara manusia dengan Allah. Dosa membawa manusia kepada kebinasaan dan hukuman kekal Allah. Namun karena kasih Allah yang sangat besar terhadap manusia yang diciptakan istimewa yakni segambar dengan Allah, sehingga Allah mengambil inisiatif untuk melepaskan dan menyelamatkan manusia dari kebinasaan dan hukuman kekal Allah yang akan ditimpahkan kepada manusia oleh karena dosa manusia itu sendiri.


Full Text:

PDF

References


Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2015.

Achenbach, Reinhard. Kamus Ibrani – Indonesia Perjanjian Lama. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2011.

Brill, J. Wesley. Dasar Yang Teguh. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, t.t.

Enns, Paul. The Moody Handbook of Theology. Diterjemahkan oleh Rahmiati Tanudjaja. Malang: Literatur SAAT, 2010.

Hoekema, Anthony A. Diselamatkan Oleh Anugerah. Diterjemahkan oleh Irwan Tjulianto. Surabaya: Penerbit Momentum, 2006.

Huggett, Joyce. Bebas Dari Ikatan Dosa. Yogyakarta: Yayasan ANDI, 1995.

Manalu, Parluhutan. “Memahami Theologia Dalam Surat Titus.” SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2019): 39–59. http://sttpaulusmedan.ac.id/e-journal/index.php/sotiria/index.

Marantika, Chris. Diktat Kuliah: Soteriologi. Jogjakarta: STII Jogjakarta, t.t.

Newman Jr, Barclay M. Kamus Yunani – Indonesia. Diterjemahkan oleh John Miller dan Gerry van Klinken. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997.

Randa II, Federans. Anda Berharga Di Mata Allah. Jogjakarta: Randa’s Family Press, 2009.

Randa II, Federans. Kajian Teologis Tentang Kehidupan Setelah Kematian. Manokwari: Randa’s Family Press, 2011.

Randa II, Federans. Rekonsiliasi. Manokwari: Randa’s Family Press, 2017.

Sarumaha, Nurnilam. “Eskatologi Dalam Injil Markus.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 2 (2017): 104–118.

Siahaya, Karel Martinus. “Dampak Sosial Politik Terhadap Perkembangan Ekonomi Umat Allah Zaman Perjanjian Lama.” Jurnal Teruna Bhakti 2, no. 1 (2019): 12–26.

Tatulus, Fekky D Y. “Mengajarkan Konsep Trinitas Sebagai Pembekalan Apologetis Jemaat Di Era Disruptif.” MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristenurnal Teologo dan Kepemimpinan Kristen 1, no. 1 (2019): 1–12.

Thiessen, Henry C. Teologi Sistematika. Malang: Penerbit Gandum Mas, 1995.

Tim Penyusun. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Disunting oleh Anton M. Moeliono. Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

VanGemeren, Willem. Progres Penebusan. Surabaya: Penerbit Momentum, 2016.

Wiryadinata, Halim. “A Critical Analysis of Reconciliation Between Muslims and Christians with Special Reference to the Republic of Indonesia.” the Glamorgan Univeristy, 2000




DOI: https://doi.org/10.53827/lz.v3i1.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LOGON ZOES telah terindeks pada:

      

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats