Implementasi Nilai-nilai Dasar Pendidikan Agama Kristen di Tengah Pandemi Covid-19 di SMP Abdi Agape Pontianak

Munatar Kause, Supriyanto Supriyanto, Marianus Patora, Desi Arisandi Laga Nguru, Devi Maria Bunga

Abstract


This paper discusses the application of Christian Religious Education at SMP Abdi Agape Pontianak in the midst of the Covid-19 Pandemic situation. The impacts of the COvid-19 Pandemic on the world of education which is changing the pattern of education that must go through online learning must not stop the planting of Christian Religious Education in schools. Christian Religious Education must take an important part in instilling the faith and character of Christ in students in the midst of this COVID-19 pandemic.

Abstrak

Penelitian ini membahasa mengenai penerapan nilai-nilai dasar Pendidikan Agama Kristen di SMP Abdi Agape Pontianak di tengah-tengah situasi Pandemi COvid-19. Dampak-dampak Pandemi Covid-19 terhadap dunia Pendidikan yang besar yang mengubah pola Pendidikan yang harus melalui pembelajaran online tidak boleh menghentikan penanaman Pendidikan Agama Kristen di sekolah-sekolah. Pendidikan Agama Kristen harus mengambil bagian penting bagi penanaman Iman dan karakter Kristus kepada peserta didik di tengah-tengah pandemic Covid-19 ini.


Full Text:

PDF

References


Hendricks, Howard G Mengajar Untuk Mengubah Hidup (Yogyakarta: Yayasan Gloria, 2016),

Hadiwardoyo, Wibowo. Jurnal.umj.ac.id/indeks.php/baskara. 2020https://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_deskriptif, 5 Juli 2010

Hartono, Handreas. “Mengaktualisasikan Amanat Agung Matius28: 19-20 dalam Konteks Era Digital,” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 4, no. 2 (2018): 19–20, www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios

http://etheses.uin-malang.ac.id/711/7/09510127%20Bab%203.pdf

https://masyarakatbelajar.wordpress.com/2009/08/23/kehadiran-peneliti-dalam-penelitian-kualitatif/

https://www.alodokter.com/memahami-epidemiologi-dan-istilah-istilahnya/10, Agustus 2020

Masaong, Abd. Kadim. “Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intelligence,” Konaspi VII, no. 5 (2012):

Pujilestari, Yulita. “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19,” Adalah 4, no. 1 (2020)

Purwanto, Agus et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” Edu Psy Couns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2, no. 1 (2020):

Setiawan, David Eko. “Kelahiran Baru Di Dalam Kristus Sebagai Titik Awal Pendidikan Karakter Unggul,” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 2 (2019):https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/penelitiandeskriptif/#Pengertian_Penelitian_Deskriptif, 8 Juli 2020

Siahaan, Matdio. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan,” Jurnal Kajian Ilmiah 1, no. 1 (2020):

Sidjabat, Binsen S. “Penguatan Guru Pak Untuk Pendidikan Karakter,” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3 (2019):

Sugiri, Dani. “Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19” 19, no. 1 (2020).

Widianing, Oda Judithia. “Pendidikan Kristen di Sekolah: Sebuah Tugas Ilahi Dalam Memuridkan Jiwa,” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018)




DOI: https://doi.org/10.53827/pros.v1i1.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.