SEJARAH PENGGUNAAN NAMA ALLAH DAN TUHAN DALAM ALKITAB

George Rumbekwan

Abstract


Penelitian Ini berjudul: Sejarah Singkat Bangsa Ibrani dan Bahasa Ibrani dan Perkembangannya, hingga terbentuknya Alkitab Bahasa Indonesia yang menggunakan Nama Allah dan Tuhan. Penelitian ini secara sederhana menelusuri asal-usul Israel atau bangsa Ibrani dengan bahasa Ibrani yang selanjutnya mengalami perkembangan hingga mempengaruhi terbentuk Alkitab Bahasa Indonesia. Menginat perdebatan-perdebatan yang terjadi oleh karena penggunaan nama-nama Allah dan Tuhan dalam Alkitab. Nama Allah dan Alkitab Bahasa Indonesia sudah digunakan 333 tahun sebelum Indonesia terbentuk sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat.

 


Full Text:

PDF

References


Abraham, Pdt. Rubin Adi. Artikel Teologi: Kontraversi Penggunaan Nama “Allah.” t.t, Agustus 2009.

Enns, Paul. The Moody Handbook of Theology. Malang: SAAT Literatur, 2012.

Epafras, Leonard C. Diktat Ibrani Dasar. Yogyakarta: Duta Wacana, 2007.

Fong, Dra. Ny. Yap Wei dkk. Handbook to the Bible. Pedoman Lengkap Pendalaman Alkitab. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.

Guthrie, Donald. “Naskah dan Terjemahan.” Handbook to the Bible, Pedoman Lengkap Pendalaman Alkitab. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.

Johnston, Philip. IVP Introduction to the Bible. Pengantar Untuk Mengenal Alkitab. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2011.

Lembaga Alkitab Indonesia. Perjanjian Lama Ibrani-Indonesia, Diterjemahkan dari : Biblia Hebrica Stuttgartensia. Jakarta: LAI, 1999.

Munthe, Eben. “Implikasi Penggunaan ‘El’ Dan ‘YHWH’ Dalam Kekristenan Masa Kini.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (2019): 54–73.

Siahaya, Karel Martinus. “Dampak Sosial Politik Terhadap Perkembangan Ekonomi Umat Allah Zaman Perjanjian Lama.” Jurnal Teruna Bhakti 2, no. 1 (2019): 12–26.

Tomatala, Yakob. Colloquium Biblicum, Bidang Ilmu Biblika, Teologi Alkitab. Jakarta: STT Jaffray, 2013.




DOI: https://doi.org/10.53827/lz.v3i1.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LOGON ZOES telah terindeks pada:

      

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats