Analisis Deskriptif Polah Asuh Orang tua terhadap Perkembangan Moralitas Anak Usia Dini
Abstract
Children as the next generation must get the best parenting in the family for the formation of their morality. Parenting itself is a way for parents to educate, teach, and care from an early age to a certain time, including how parents show good exemplary attitudes that can affect the moral development of children. Deviant behavior from teenagers to adults can not be separated from the parenting pattern of parents who are not wise to their children. In this study, the researcher uses a descriptive qualitative methodology that focuses on bibliographic analysis, especially on journal articles that are closely related to the theme or topic being researched by the researcher. This study describes parenting and morality, where parents are the main role holders in parenting for the development of children's morality from an early age. There are four parenting styles used by parents based on the theory put forward by Diana Baumrind, namely: authoritarian parenting, authoritative parenting, neglectful parenting, and pampering parenting.
Abstrak
Anak-anak sebagai generasi penerus harus mendapatkan pola asuh yang terbaik dalam keluarga untuk pembentukan moralitas mereka. Pengasuhan itu sendiri merupakan cara orang tua mendidik, mengajar, dan merawat sejak dini sampai pada waktu tertentu, termasuk bagaimana orang tua menunjukkan sikap keteladanan yang baik yang dapat mempengaruhi perkembangan moralitas anak. Prilaku yang menyimpang dari anak-anak remaja hingga dewasa tidak lepas dari pola asuh orang tua yang tidak bijaksana terhadap anak-anak mereka. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metodologi kualitif deskriptif yang menitik beratkan pada analisis bibliografis khususnya pada tulisan artikel jurnal yang erat kaitannya dengan tema atau topik yang sedang diteliti oleh peneliti. Pada penelitian ini menguraiakan tentang pola asuh dan moralitas, di mana orang tua adalah pemegang peran utama dalam polah asuh untuk pengembangan moralitas anak sejak usia dini. Ada empat pola asuh yang digunakan orang tua berdasarka teori yang dikemukakan Diana Baumrind yaitu: pola asuh otoriter, pola asuh otoritatif, polah asuh lalai dan polah asuh memanjakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriastuti, Dwi Anita. “Analisis Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 48–60 Bulan.” Bidan Prada: Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto 4, no. 01 (2013).
Atok, Chresensia Christana. “Dampak Gaya Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII B ‘Appreciation’ Smp Joannes Bosco Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015.” Fakultas Keguruan Dan Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (2015).
Ayun, Qurrotu. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5, no. 1 (2017): 102–122.
Bun, Yuliyanti, Bahran Taib, and Dewi Mufidatul Ummah. “Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak.” Cahaya Paud 2, no. 1 (2020).
Domina, P. “Pola Asuh Orang Tua Dengan Menggunakan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga Di Manggarai, NTT.” In Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, 167:167–173, 2019.
Fitri, Mardi. “Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2020): 1–15.
Inten, Dinar Nur. “Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga.” FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 3, no. 1 (2017).
Jamiatul, Jamiatul, Muliatul Maghfiroh, and Ria Astuti. “Pola Asuh Orang Tua DanPerkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan).” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2020): 1–9.
Khaironi, Mulianah. “Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 1, no. 01 (2017): 1–15.
Lidyasari, Aprilia Tina. “Pola Asuh Otoritatif Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Dalam Setting Keluarga.” Yogyakarta: PGSD FIP UNY (2013).
Mardiah, Lisda Yuni, and Syahrul Ismet. “DAMPAK PENGASUHAN OTORITER TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK.” JCE (Journal of Childhood Education) 5, no. 1 (2021): 82–95.
Nauli, Vienna Aniella, Karnadi Karnadi, and Sri Martini Meilani. “Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus Di Kota Bekasi).” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2019): 241–253.
Santrock, John W. Life-Span Development. 13th ed. Dalas: University of Texas, 1997.
Sholihah, Mar’atush. “POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI PADA SISWA KELOMPOK B.” Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2017): 24–34.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Ke-2. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
DOI: https://doi.org/10.53827/lz.v5i1.49
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LOGON ZOES telah terindeks pada: