Mekanisme Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Program Studi di Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen

Rifky Serva Tuju, Dinn Wahyudin, Laksmi Dewi

Abstract


Independent Learning Merdeka Campus is designed so that Indonesia has superior Human Resources. MBKM is also designed so that students have the freedom to study in higher education. The MBKM Implementation Mechanism will assist Christian religious universities in implementing the MBKM design from the Ministry of Education and Culture so that a proper and correct MBKM management plan is realized. The MBKM Implementation Mechanism in Study Programs at Christian religious universities can also help Christian religious colleges in preparing MBKM implementation in their respective universities.

 

Abstrak

Merdeka Belajar Kampus Merdeka dirancang agar Indonesia memiliki Sumber Daya Manusia yang unggul. MBKM dirancang juga agar pelajar memiliki kemerdekaan dalam belajar di Perguruan Tinggi. Mekanisme Implementasi MBKM akan membantu Perguruan Tinggi keagamaan Kristen dalam menerapkan rancangan MBKM dari Kemendikbud sehingga terwujud-nya sebuah rancangan tata kelola MBKM dengan baik dan benar. Mekanisme Implementasi MBKM pada Program Studi di PT keagamaan Kristen ini juga dapat membantu Sekolah Tinggi keagamaan Kristen dalam menyusun Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi masing-masing


Full Text:

PDF

References


Afgani, J. (2020). Kurikulum dan Pengembangannya.

Aris Junaidi dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Studi Guru dan Pembelajaran , 195-205.

Bahri, S. (2011). PENGEMBANGAN KURIKULUM DASAR DAN TUJUANNYA. Islam Futura , 15-34.

Camelia, F. (2020). ANALISIS LANDASAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM. SAP Susunan Artikel Indonesia , 57-65.

Dacholfany, M. (2017). Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islami di Indonesia dalam Menghadapi Era Globalisasi. At-Tajdid , 1-13.

Deni, S., & Siti, M. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Journal Reslau , 34-41.

Early, K., Qinthara, S., & Intan, H. I. (2021). Desain Model MBKM Dan Kolaborasi Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (pp. 138-142). Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Hamalik, O. (2009). Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Hidayat, A., Alimul, A., & Uliah. (2015). Kebutuhan Dasar Manusi. Jakarta: Salemba Medika.

Idi, A. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Jakarta: Raja Grafindo.

Kebudayaan, D. J. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Kebudayaan, K. d. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureliga , 94-100.

Mangkurat, P. S. (2021). Landasan Kurikulum. Retrieved Oktober Sabtu, 2021, from ulm.ac.id: http://prodisosiologi.fisip.ulm.ac.id/landasan-kurikulum/

Mariati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora, (pp. 747-758).

Rusman. (2018). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharto, T. (2013). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sukirman, D. (2007). Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Merdeka Belajar- Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke- 21. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra universitas Bengkulu (pp. 1-12). Bengkulu: Unib.ac.id.

Syamsul, A., & Mohammad, M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus merdeka pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Al-Ilmi , 1-11.

UNILA, L. (2020). Panduan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Lampung. Lampung: LP3M UNILA.

UPI, U. P. (2020). Panduan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Bandung: Universitas Pendidikan bandung.




DOI: https://doi.org/10.53827/lz.v5i1.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LOGON ZOES telah terindeks pada:

      

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats