Peran Orang tua Mengatasi Dampak Negatif Gadget pada Remaja Kristen
Abstract
The purpose of this study was: to determine the role of parents in overcoming the negative impact of gadgets that affect the character of teenagers. Parents must know that they have an important role in efforts to overcome the negative impact of using gadgets on teenagers. Researchers have explained the efforts made by parents to overcome the negative impact of gadgets on teenagers. The method in this research is qualitative by looking at cases in the field (case studies), data collection methods based on surveys or observations, and looking at previous studies that have been in journal form. The results of this study indicate that the role of parents in adolescents that must be carried out and carried out are: First, parents know and understand the rating of the game used by their child, the rating referred to here is the type of game played by the child, secondly, avoid installing electronic devices inside the children's room, the third creates rules that are agreed with the child, by treating time restrictions in using gadgets, the fourth parent actively monitors and pays attention to the media that is being consumed by the child, such as games and movies, the fifth communicates and discusses with the children what they can be from the games or shows they watch, the six parents control the play store on the gadget, by selectively choosing game features that do not cause negative things to the child's character. Another thing that must be done by Christian families is to teach God's word continuously to children and guide children to always build fellowship with God. Parents become educators, as educators in the family provide time and place and give responsibility by entrusting tasks within the family. family, teach discipline and educate with the example of parents.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui peran Orang Tua dalam mengatasi dampak negatif gadget yang mempengaruhi Karakter anak-anak Remaja. Orang tua harus mengetahui bahwa mereka memiliki peran penting sebagai upaya untuk mengatasi dampak negative penggunaan gadget pada anak remaja. Peneliti sudah men-jelaskan upaya yang dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi dampak negatif gadget pada remaja. Metode penelitian yang dilakukan adalah Kualitatif, sedangkan metode pengam-bilan data berdasarkan survei atau observasi, serta melihat penelitian-penelitian sebe-lumnya yang sudah dalam bentuk jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua pada anak remaja yang harus dilakukan dan dikerjakan yaitu: Pertama, orang tua mengetahui dan memahami rating game yang digunakan oleh anaknya, rating yang dimaksud disini adalah jenis game yang dimainkan anak, kedua hindari pemasangan perangkat elektronik di dalam ruangan kamar anak, ketiga menciptakan aturan yang disetujui dengan anak, dengan cara memperlakukan pembatasan waktu dalam menggu-nakan gadget, keempat orangtua aktif mengawasi dan memperhatikan media yang sedang dikonsumsi oleh anak, seperti game dan film, kelima mengkomunikasikan dan mendis-kusikan pada anak mengenai apa saja yang mereka dapat dari game atau acara yang mereka tonton, keenam orang tua mengontrol play store yang di gadget, dengan cara selek-tif memilih fitur games yang tidak menimbulkan hal-hal negatif pada karakter anak. Hal la-in yang harus dilakukan oleh keluarga Kristen adalah mengajarkan firman Tuhan terus-menerus kepada anak dan membimbing anak senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan, orang tua menjadi pendidik, sebagai pendidik dalam keluarga menyediakan waktu dan tempat serta memberikan tanggung jawab dengan mempercayakan tugas-tugas di dalam keluarga, mengajarkan disiplin serta mendidik dengan keteladanan orang tua.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Eka. Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu Publishing, 2019.
Chusna, Puji Asmaul. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan 17, no. 2 (2017): 315–330.
Iswidharmanjaya, Derry. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Desember 2014, 2014.
Nababan, Andrianus. “Pola Asuh Demokratis Orangtua Kristen Dalam Pembentukan Karakter Remaja.” Jurnal Dinamika Pendidikan 13, no. 2 (2020): 127–134.
Pangastuti, Ratna. “Fenomena Kecanduan Gadget Pada Usia Dini.” Indonesia Jurnal Of Islamic Early Childhood Educatiuon Vol.2, No. (2017): 166.
Samarenna, Desti, and Harls Evan R Siahaan. “Memahami Dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4: 12 Bagi Mahasiswa Teologi.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 1–13.
Sari, Intan Permata, Rama W Kusuma Wardhani, and Ahmad Syaiful Amal. “Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi Dan Psikologi * Corresponding Author Pendahuluan Gadget Diartikan Sebagai Suatu Alat Yang Digunakan Untuk Mengakses Atau Menjalankan Suatu Program Tertentu Yang Menarik Dan Ber” 2, no. 2 (2020): 267–289.
Satira, Rahma Lillahi. “Survai: Orang Tua Dan Anak Habiskan Waktu Sama Banyaknya Bermain Gadget.” DetikHealth.
Sirait, Ronald. Digital Karakter Presfektif Agama Dan Pendidikan. Yayuk Umay. CV. Multimedia Edukasi, 2020.
Soesilo, Yushak. “Penggunaan Rotan Dalam Pendisiplinan Anak Menurut Kitab Amsal 23:13-14.” DUNAMIS ( Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani ) 1, no. 1 (2016): 1–14. www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis.
Subagijo, Azimah. Diet Dan Detoxs Gadget. PT Mizan Publika, 2020.
Wadi, Elsyana Nelce, and Elisabet Selfina. “Peran Orang Tua Sebagai Keluarga Cyber Smart Dalam Mengajarkan Pendidikan Kristen Pada Remaja GKII Ebenhaezer Sentani Jayapura Papua.” Jurnal Jaffray 14, no. 1 (March 2016): 77–92.
DOI: https://doi.org/10.53827/pros.v1i1.40
Refbacks
- There are currently no refbacks.