Evaluasi Terhadap Implementasi Pendidikan Kristiani dalam Konteks Gereja Kristen Sumba Jemaat Uma Manu
Abstract
The church has the task of teaching the member of the congregation through Christian Education. Christian Education includes all teaching and learning activities in the church with the aim that members of the congregation can know God and through that knowledge, they can experience life renewal. The implementation of Christian Education must take into account the context in which the church lives. The approaching model in Christian Religious Education helps the church to carry out its duties according to the context. This article focuses on the description and analysis of the implementation of the Christian Religious Education approach model in the Christian Church of Sumba, Congregation Uma Manu and offers a Christian Education strategy that is appropriate to the context of the congregation. By using a qualitative approach in research through observation and in-depth interviews, it is concluded that the implementation of Christian Education with a religious instruction approach is appropriate for the context of this congregation, but strategic efforts are needed in its implementation.
Abstrak
Gereja memiliki tugas melakukan pengajaran kepada warganya melalui Pendi-dikan Kristiani (PK). PK mencakup semua aktifitas belajar mengajar dalam gereja dengan tujuan agar warga jemaat dapat mengenal Allah dan melalui pengenalan itu, mereka dapat mengalami pembaruan hidup. Implementasi PK oleh gereja haruslah memperhatikan konteks di mana gereja itu hidup. Model pendekatan dalam PK menolong gereja untuk melakukan tugasnya sesuai dengan konteks. Artikel ini berfokus pada deskripsi dan analisa terhadap implementasi model pendekatan PK dalam Gereja Kristen Sumba Jemaat Uma Manu dan menawarkan strategi PK yang sesuai dengan konteks jemaat. Dengan meng-gunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian melalui observasi dan wawancara mendalam disimpulkan bahwa implementasi PAK dengan pendekatan instruksi religius su-dah tepat bagi konteks jemaat ini, namun perlu adanya upaya strategis dalam penera-pannya.
Full Text:
PDFReferences
Dabora, Lenda dan J.F. Sagala. “Tugas Pedagogis Gembala dalam Menyiapkan Warga Gereja Menghadapi Perubahan Sosial” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, Volume 4, Nomor 2, Juli 2020: 167-174
Edlin, Richard J. Hakikat Pendidikan Kristen terj. Yakob Riskihadi dan Yenny Halim (Jakarta: BPK Penabur dan BPK Gunung Mulia, 2015), 289.
Groome, Thomas. Sharing Faith: A Comprehensive Approach to Religious Education and Pastoral Ministry: The Way of Shared Praxis, San Fransisco: Harper San Fransisco, 1991
Hattu, Justitia Vox Dei. “Keterkaitan Pendidikan Kristiani di Sekolah dan Gereja”, Indonesian Journal of Theology, No. 7 Vo.1, Juli 2019: 25-45
Hutabarat, Oditha R. “Pedagogi Hati: Model PAK sebagai Pendidikan Politik bagi Warga Gereja di Indonesia”, Jurnal Voice of Wesley, Vol 2 No 1 2018: 1-18
Kinast, L. Robert, What Are They Saying About Theological Relection, New York: Paulist Press, 2000
Moleong, L.J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2010
Nainupu, M. “Pemuridan Melalui Pendekatan Konseling Pastoral,” Jurnal Theologia Aletheia, No. 19 Vol. 12, 2017: 91-140
Nuh, Simeon, dkk, “Implementasi PAK Konteks di GKII Tandang, Semarang” Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, Vol. 1, No. 1, (2019), 1-12
Seymour, Jack, ed., Mapping Christian Education, Nashville: Abingdon Press, 1997
Sitepu, Meri Krisna Dewi. Implementasi PAK dalam Masyarakat Majemuk, Asteros: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol. 8, No 1, Juli 2020: 1 – 13.
Tafonao, Talizaro. “Pendidikan Kewirausahaan Bagi Warga Gereja Di Era Digital”, Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen Vol.2, No. 1 (2020): 127–146
Tjahyadi, Stanley. Pendidikan Spiritual: Suatu Pendekatan Baru bagi Pendidikan Kristiani”. Dalam Tim Penyusun Buku dan Redaksi BPK Gunung Mulia (ed), Memperlengkapi bagi Pelayanan dan Pertumbuhan, (Jakarta: BPK Gunung Mulia dan STT Jakarta, 2002
Utomo, Bimo Setyo. “(R) Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa,” Dumanis (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani) Vo. 1, No. 2 (2017): 1–15
Winkel, W. S., Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2005.
DOI: https://doi.org/10.53827/pros.v1i1.44
Refbacks
- There are currently no refbacks.